Jumat, 30 Maret 2012

VGA Eksternal: Alternatif Chipset Terintegrasi Pada Laptop

    Belakangan ini sering muncul pertanyaan, apakah video graphic adapter (VGA) laptop/notebook bisa di-upgrade? Jawabannya adalah tidak, sebab pada dasarnya laptop yang memiliki VGA on-board tidak memiliki slot VGA tambahan. Namun di era teknologi seperti sekarang semua itu bisa saja menjadi mungkin.

    Village Tronic, sebuah perusaan asal Taiwan yang bergerak di bidang grafis upgrade untuk laptop menawarkan solusi yang cukup menarik melalui produknya ViDock 2. Perangkat keras yang bisa dikategorikan sebagai VGA eksternal ini memberikan alternatif pengganti chipset terintegrasi. ViDock 2 sendiri diklaim mampu meningkatkan performa grafis 3D hingga 700%.

    Produk ini menggunakan Express Card 2.0 yang berbasiskan teknologi I/O, PCI Express dan USB Release 2.0 hingga dapat mentransfer data sampai dengan 5Gbps, 2 kali lebih cepat dari ViDock 1. Dengan dukungan DVI, HDMI dan VGU ViDock 2 mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 2560 x 1600 atau setara  layar 30 inch.

    Bayangkan pada review yang dilakukan oleh Tom's Hardware, ViDock 2 bisa menjalankan game yang kaya akan fitur grafis seperti Crysis dengan pengaturan rendah di resolusi 1024 x 768 dapat berjalan dikisaran 26 frame per detik, sementara chipset terintegrasi hanya pada 8 frame per detik. Dengan keunggulan yang telah dipaparkan tersebut, bisa dipastikan tak ada lagi halangan untuk bermain game ataupun menjalankan aplikasi 3D lewat laptop.

    Tapi sayangnya produk ini masih sangat sulit ditemui dan kalau pun ada harganya dibanderol cukup tinggi. Untuk 1 Unit ViDock 2 termasuk video card ATI 4670 512MB DDR3 128bit kita harus merogoh kocek sekitar $380.

    Namun tak perlu khawatir jika dana tak mencukupi, kita pun tetap bisa membuat VGA eksternal sendiri, tentunya dengan biaya yang jauh lebih rendah. Jika tertarik untuk membuatnya, silahkan kunjungi forum NotebookReview.

    Ok,langsung saja. Kali ini saya ingin bercerita tentang salah satu Add On atau tambahan bagi laptop anda. Umumnya, kita membeli laptop dengan VGA yang masih onboard (yang memory-nya di-share dengan RAM). Hal itu dikarenakan laptop dengan VGA onboard/shared VGA mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan laptop gaming yang notabene sudah menggunakan VGA independent. Sehingga, bila kita ingin memainkan suatu game dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang “gila”, hampir menjadi suatu kemustahilan.

    Tapi sepertinya hampir tidak ada yang mustahil dalam dunia teknologi, terutama bidang IT. Baru-baru ini saya membaca beberapa artikel yang mengatakan bahwa telah diluncurkan beberapa produk VGA card eksternal (GPU portable). Bahkan VGA card eksternal buatan ASUS dengan seri XG Station-nya sudah dipasarkan sejak setahun yang lalu (6 Januari 2007). Begitu juga ATI (milik AMD) yang beberapa waktu lalu (Juni 2008) juga telah me-release produk VGA eksternalnya dengan nama ATI XGP. Kedua GPU portable/ VGA card eksternal tersebut bisa dengan mudah dipasang atau dilepas dari Laptop Anda karena konektifitas-nya hanya dengan melalui kabel data (ATI XGP) atau kabel USB 2.0 biasa ASUS XG Station).

    Berikut ini adalah spesifikasi dari 2 produk di atas:

    ASUSXGStation

    1. ASUS XG Station

    Graphics Engine: GeForce 8600GT

    Video Memory: 256MB DDR3

    Engine Clock: 540MHz

    Memory Clock: 1.4GHz (700MHz DDR3)

    Memory Interface: 128-bit

    Max. Resolution: Up to 3840 x 2400

    Bus Standard: PCI Express X1

    VGA Output: YES, via DVI to VGA Adapter

    TV Output: YES,

    DVI Output: DVI-I

    Dual DVI Output: YES

    Audio out: Headphone out *1, Microphone out *1

    Adaptor/Cable Bundled: DVI to VGA adapter, HDTV-out cable, Power cable, Express Card cable

    Software Bundled: ASUS Utilities & Driver

    Price: US$ 300-400

    ATIXGP1

    2. ATI XGP

    Unprecedented Notebook Graphics Performance

    • Thin & light notebook

    • Long notebook battery life

    • Sleek industrial design

    • Support for ATI CrossFireX™ technology multi-GPU capabilities

    • Independently powered and cooled external graphics solution

        True Multimedia Upgradeability

        • Enthusiast-Class graphics performance for Notebooks

        • Support for ATI CrossFireX™ technology multi-GPU capabilities

        • True multimedia upgradeability for notebooks, ideal for gaming, HD video, browsing and editing

            Hot Plug Detection

            • Enables ATIXGP technology on-the-fly

                Multi Display Support

                • ATI XGP external graphics solution with a single ATI Radeon™ graphics processor and a notebook PC drive up to 4 displays

                    ATIXGP3

                    Multiple Connectivity Options

                    • Dedicated USB 2.0 connector enables attachment of TV Tuners, Blu-ray drives and more

                    • Integrated digital outputs to view High-Definition content2 on a variety of devices including HDMI with integrated audio and DVI

                      • Featured ATI Mobility Radeon™ Premium Graphics Cards

                         ATI Mobility Radeon™ HD 3870

                        Price : N/A (belum dipasarkan dalam jumlah besar)

                      0 komentar:

                      Get Free Shots from Snap.com