Kamis, 29 Maret 2012

Target Utama Serangan Cyber Tahun 2012

hacker

Tahun 2012 sudah di depan mata. Berbicara mengenai serangan cyber, apa kira-kira yang menjadi target para penjahat cyber di tahun 2012? Vendor keamanan McAfee merilis sasaran utama serangan cyber, mulai dari produk-produk Apple hingga sejumlah layanan gratis yang makin digandrungi. Simak lebih lanjut daftar tersebut agar Anda lebih berhati-hati.
1. URL-shortening service
Layanan penyingkat URL atau URL-shortening service makin banyak digunakan dengan situs seperti Twitter yang menjadi pendongkraknya. Layanan yang mampu meringkas alamat situs seperti bit.ly dan TinyURL ini ternyata mengeluarkan 3.000 URL setiap menitnya, demikian menurut McAfee Lab. Maka tak mengherankan jika layanan ini menjadi sasaran empuk kriminal cyber. Diprediksi, mereka akan memanfaatkan layanan tersebut untuk menyuntikkan spam, scam (penipuan online) dan program jahat lainnya.
2. Layanan Geolocation
Bagi Anda yang gemar memakai Foursquare, sebaiknya berhati-hati karena ia juga diprediksi menjadi incaran penjahat cyber. Para penjahat ini akan dengan mudahnya mengetahui siapa yang sedang nge-tweet, di mana lokasinya dan apa yang mereka katakan. Bahkan, ketertarikan user dan sistem operasi serta aplikasi yang dipakai bisa dilacak pula secara real time. McAfee mengatakan, dengan informasi yang diterbitkan (publish) secara online tersebut, akan memudahkan para penjahat untuk menciptakan serangan yang matang. Selain Foursquare, pengguna layanan geolokasi Gowalla dan Facebook Place juga harus waspada.
3. Perangkat Mobile
Data yang disimpan di ponsel juga masuk dalam daftar incaran cyber attack 2011. Dengan makin banyaknya pengguna smartphone yang dikombinasikan dengan kerentanan infrastruktur selular plus lemahnya enskripsi, McAfee mengatakan bahwa para pemilik data akan berisiko besar menghadapi serangan.
4. Produk Apple
McAfee mengingatkan bahwa ancaman serangan malware (program berbahaya) pada pengguna Mac akan meningkat tajam di tahun 2012 meski platform Mac OS dikenal kuat. Dan mengingat iPad serta iPhone menjadi bisnis yang menggiurkan, maka ada kemungkinan aksi pengeksposan data dan identitas penggunanya juga terjadi.
5. Platform Web yang Terkoneksi dengan TV
Web-connected TV platforms seperti Google TV menurut McAfee akan menjadi target bagi aplikasi jahat. Aplikasi ini akan menarget atau mengekspos data pribadi yang nantinya akan memungkinkan penjahat cyber memanipulasi sejumlah piranti lewat aplikasi yang dikontrol tersebut.
6. Situs kontroversial
Kasus situs kontroversial Wikileaks sepertinya akan memicu aksi hacktivism, ungkap McAfee. Aksi hacktivism akan menyerang situs-situs tertentu dengan latar belakang politik dan inilah yang akan menjadi bentuk baru dari demonstrasi politik.,,

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com