Jumat, 30 Maret 2012

Mempercepat ShutDown Pada Windows

Tips Cara Mempercepat ShutDown Pada Windows ini akan merubah beberapa setting pada registry. Jika anda belum begitu mengenal registry, ada baiknya anda terlebih dahulu untuk melakukan backup registry.

clip_image001

Setelah melakukan backup, lakukan beberapa perubahan pada registry untuk mempercepat shut down pada Windows.
Buka registry dengan cara kli Start, Run kemudian ketik Regedit.

clip_image002

Pergi ke bagian HKEY_CURRENT_USER Control Panel Desktop.

Pada kolom sebelah kanan, cari field dengan nama AutoEndTasks dan ubah value menjadi angka 1 (satu). Settingan ini akan membuat windows untuk melakukan penghentian program secara otomatis pada program yang sedang mengalami crash. clip_image003Kemudian, cari field dengan nama HungAppTimeout dan rubah valunya dengan angka 1000. Pada kondisi normal, windows memerlukan waktu beberapa saat sebelum meminta system mengehentikan program secara otomatis. Dengan memperkecil nilai, maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit dan secara langsung akan mempercepat proses shut down.

clip_image004
Cari juga field WaitToKillAppTimeout dan rubah angka didalamnnya menjadi 5000. Hampir sama seperti sebelumnya, proses ini akan memperkecil waktu dari program saat melakukan shut down.

clip_image005
Kemudian, pergi ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlSession ManagerMemory Management dan ubah value.

clip_image006

menjadi angka 0 (nol). Pada windows, terdapat sistem “paging file” yang menyimpan “cache” file pada windows. Cache ini akan menyimpan informasi seperti passowrd, run-time file dan beberapa file lain. Pastikan anda benar-benar tidak menbutuhkan file “cache” jika ingin menonaktifkan settingan ini.

clip_image005[1]Sekarang anda dapat membuktikan kalau settingan registry ini dapat mempercepat proses shut down operating system windows.

Silahkan mencoba!

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com