Jumat, 30 Maret 2012

Cara Menggunakan Google Earth Secara Offline

Google Earth bisa digunakan secara offline, namun satellite image yang bisa diakses adalah image terakhir yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Image terakhir tersebut tersimpan dalam cache memory yang terdapat di folder berikut C:Users/User/AppData/LocalLow/Google/GoogleEarth/dbCache.dat (Windows 7).

google-earth-cache

Google Earth membatasi cache memory hingga maximal 2 GB (2000 MB) . Jika batasan tersebut sudah terpenuhi, maka secara otomatis memory yang lama akan di gantikan oleh memory yang baru. Nah, dengan free software Google Earth Cache Stasher, Anda bisa menyimpan cache memory Google Earth per bagian-bagian sehingga Anda bisa menggunakannya secara offline tanpa koneksi internet kapan pun Anda mau.

GE_cache_stasher

Secara default, software Google Earth Cache Stasher akan menyimpan cache memory di folder C:Users/User/Documents/Google Earth Cache Stash (Windows 7). Di dalamnya Anda bisa simpan cache memory satellite image, misalnya untuk seluruh Kota Medan di folder dengan nama “Medan (256mb) Juli 18 2011″ dan cache memory satellite image untuk Kota Aceh di folder dengan nama “Aceh (256mb) Juli 10 2011″ (lihat gambar dibawah). Kapan pun Anda mau, Anda bisa mengakses kedua kota tersebut di Google Earth secara offline, tanpa koneksi internet, cukup klik Restore Stash –> pilih kota yang akan di akses secara offline.

GE_cache-stasher

Software Google Earth Cache Stasher ini bekerja dengan baik di Windows 7 dengan Google Earth desktop free version yang terakhir (versi 6.1). Cache memory yang tersimpan tersebut (dbCache.dat), bisa anda ekstrak menjadi kepingan-kepingan file *.jpg yang memiliki georeference (disertai dengan file *.jgw รข€“ world file), dengan dimensi 256 x 256 pixel seperti contoh di bawah ini. Anda membutuhkan software cache extractor untuk dapat melakukan hal tersebut.

tile-jpg-google-earth

Selanjutnya kepingan-kepingan file *.jpg yang ada, bisa di mosaic untuk memperoleh satu image besar yang sama detailnya dengan yang ada di Google Earth dengan format GeoTif. Urut-urutan langkah untuk mendapatkan satu image besar dengan kedetailan yang sama dengan yang terdapat di Google Earth tersebut telah saya tuliskan dalam ebook tutorial yang bisa Anda dapatkan DISINI. Software Cache Stasher dan Cache Extractor disertakan dalam paket ebook tutorial tersebut.

1 komentar:

om linknya rusak tuh mohon d repair, nice post ditunggu link barunya :D

Get Free Shots from Snap.com