Jumat, 30 Maret 2012

The Seven Summits of Indonesia

Ada yang tahu apa itu The Seven Summits of Indonesia? Kalo yang hobinya mendaki gunung mungkin akan tahu akan istilah ini. The Seven Summits of Indonesia adalah
Puncak gunung yang tertinggi di tujuh pulau atau kepulauan utama di Indonesia. Tujuh pulau atau kepulauan utama di Indonesia, yaitu:
1.Pulau Sumatera
2.Pulau Jawa
3.Kepulauan Sunda Kecil (Bali dan Nusa Tenggara)
4.Kalimantan
5.Sulawesi
6.Kepulauan Maluku
7.Pulau Irian
Dari tujuh kelompok pulau atau kepulauan itu dipilih masing-masing satu puncak tertinggi dari tiap pulaunya yang tentunya yang masih ada di wilayah Indonesia. Berikut The Seven Summits of Indonesia, antara lain:


1. Gunung Kerinci (Sumatera)

gkerinciGunung Kerinci terletak di antara dua kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Sulak Deras. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.805 m.


2. Gunung Semeru (Jawa)

gsmeruGunung Semeru merupakan Gunung yang tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 m. Gunung Semeru terletak di dalam kawasan Taman Nasional
Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS) di Jawa Timur. Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Jawa dengan puncaknya Mahameru.

3. Gunung Rinjani (Kep.Sunda Kecil)
grinjaniGunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi dengan ketinggian 3726 m.


4. Gunung Bukit Raya (Kalimantan)
gbukitrayaGunung Bukit Raya memiliki tinggi 2278 meter. Gunung ini bukan gunung berapi. Gunung ini berada di Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya, perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.


5. Rante Mario, Pegunungan Latimojong (Sulawesi)
grnatemarioPegunungan Latimojong dengan puncaknya Rante Mario merupakan gunung yang tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian 3.478 meter. Gunung ini terletak di Sulawesi Selatan.


6. Gunung Binaiya (Maluku)
gbinaiyaGunung Binaiya yang merupakan puncak tertinggi di kepulauan Maluku berada di pulau Seram, Maluku. Gunung ini memiliki ketinggian 3027 m.


7. Cartenzs Pyramid, pegunungan Jaya Wijaya (Papua)
gcartenzCarstensz Pyramid, atau disebut dengan Puncak Jaya memiliki ketinggian 4884 m. Cartenzs Pyramid juga puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia. Cartenzs Pyramid terletak di Papua.
Jadi bagi kamu yang ingin disebut sebagai pendaki gunung, taklukkan dulu tuh The Seven Summits of Indonesia

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com