Sabtu, 31 Maret 2012

Menampilkan kembali Folder Option

Pernahkan Anda jumpai Folder Option pada Windows Explorer “hilang?” Kalau pernah kemungkinan ada virus di PC Anda yang bikin ulah. Virus sengaja menghilangkannya agar kita tidak bisa merubah option (settingan) tertentu pada Folder Option tersebut. Biasanya virus akan mengaktifkan option Hide extensions for known file type. (lihat gambar di bawah ini)

clip_image002_thumb

 

Apa alasan virus mengaktifkan option ini? Dengan mengaktifkan option ini maka ekstensi file tidak terlihat. Contoh coba.doc (dokumen MS Word) hanya terlihat coba. File ujian.xls ( dokumen MS Excel) hanya akan terlihat ujian. Coba.exe, ujian.exe juga hanya akan terlihat coba dan uji. Kondisi seperti sering digunakan virus untuk mengelabui kita. File dokumen kita akan diinfeksi kemudian diubah ekstensinya menjadi file yang excutable (exe). Contoh file coba.doc oleh virus diubah menjadi coba.exe, atau ujian.xls diubah menjadi ujian.exe dan terlihat oleh kita coba dan ujian.

Karena ekstensi file tidak terlihat maka kita akan mengira file tersebut adalah file dokumen word biasa. Jadi apabila kita mengklik double file tersebut berarti kita telah membuka/mengaktifkan virus.

Oleh karena itu, sesekali Anda check settingan pada Folder Option tersebut, pastikan tidak ada centangan pada option Hide extensions for known file type.

Kemudian untuk menampilkan kembali Folder Option “yang hilang” dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. klik Start > Run > laku ketik gpedit.msc kemudian enter atau OK. Kemudian akan muncul kotak Group Policy seperti gambar di bawah ini.

clip_image004_thumb

2. Setelah itu Klik User Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Explorer (lihat gambar di bawah ini)

clip_image006_thumb

3. Pada sisi kanan, pilih/klik Remove the Folder Option menu item from the tools menu, sehingga muncul seperti gambar di bawah ini.

clip_image008_thumb

4. Biasanya virus menandai option Enabled. Kalau memang demikian pilih option Not Configurated kemudian klik OK kemudian tutup Group Policy.

5. Sekarang Anda buka Windows Explorer > pilih menu Tools. Semoga menu Folder Option sudah muncul di situ.

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com