Kamis, 04 Oktober 2012

Pasang Lampu Sein LED

 

Tren lampu LED kini kian marak. Awalnya diaplikasi pada beberapa mobil keluaran Eropa. Dengan sinarnya yang terang, bahkan bisa bikin irit listrik dibanding bohlam biasa. Wajar kalo LED juga banyak diaplikasi pada motor.
“Karena tegangan pada lampu LED sangat kecil. Apalagi motornya sudah dipasang lampu HID, dengan menggantikan seluruh bohlam dengan LED, bisa bikin aki jadi lebih awet dan tahan lama,” papar Temmy, juragan dari Tem’s Motor.
Seperti lampu sein colok model LED yang bentuknya sangat beragam. Mulai dari LED 1 titik sampai sekitar 20 titik. Namun, saat pemasangan lampu LED itu di skutik, lampu seinnya gak mau berkedip alias menyala terus. Silau, man!

LED1 LED2

“Solusinya flasher asli diganti flasher khusus custom yang tahanannya lebih kecil. Karena tahanan bohlam dengan LED berbeda. Kalo bicara harga murah meriah alias murmer, cuy! Cuma ceban alias Rp 10 ribu! (gbr.1),” tambah pria yang markasnya di Jl. Kebon Jeruk 3, Kota, Jakbar ini.
Contoh, dilakukan pada Honda BeAT. Untuk posisi flasher bawaan pabrik adanya di depan alias di belakang lampu utama (gbr.2). Caranya, buka semua bodi depan pakai obeng kembang berikut dudukan pelat nopol alias nomor polisi.

LED3 LED4

Lalu, Putar soket sein itu dan cabut bohlamnya. Trus, ganti semua peranti sinyal belok itu dengan LED (gbr.3). Kalo di belakang, cukup dengan membuka behel pake kunci T-12 mm dan cabut soket kiri dan kanan seperti membuka soket bagian depan.
Sudah? Jangan dipasang dulu bodi depannya ya! Sebelum flasher diganti cek dengan kondisi aslinya (gbr.4). Jika lampu seinnya gak berkedip, silakan cabut dan ganti dengan flasher ‘murmer’ itu. Lantas, dites kedipan lampu sein LED itu. Jangan lupa dipasang lagi bodinya! Gimana oke kan!
Ih, genit kedip-kedip!

This work is licensed under a Creative Commons license.

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com