Rabu, 28 Maret 2012

Antisipasi Ban Skubek Bergelombang

 

clip_image001
Lebih terasa kalau ban diraba atau jalan di aspal datar

Tanpa disadari pemilik, permukaan ban depan skubek bergelombang. Gejala benjol di sekeliling ban 14 inci yang biasa dipakai semua merek matik. Terlebih jika usia pakai lebih dari 10~11 bulan atau mulai terlihat gundul.
Sekilas memang tidak tampak seperti bergelombang. Namun jika ban mulai gundul dan ketika diraba, terasa sangat jelas. Bahkan saat melibas jalan halus, efek benjolan akan lebih terasa lagi. Apalagi coba di turunan dengan kondisi mesin off dan pakai satu tangan. Rasanya seperti diaduk-aduk.
Tri Tombro Nugroho spesialis matik D45 Yogyakarta kasih analisis, penyebab awal dikarenakan tekanan angin kurang atau di bawah ukuran standar. Lantas sering melakukan pengereman depan secara mendadak dan berulang.
“Saat terjadi pengereman, spontan beban keseluruhan tertumpu di depan. Sehingga penerima beban paling berat ada di roda depan. Makanya jika dilakukan berulang menyebabkan permukaan tapak ban bergelombang,” imbuh mekanik di Jl. Wahid Hasyim No. 87 Condongcatur Depok, Sleman, Yogyakarta.
Satu lagi penyebabnya, biasanya akibat jalan jauh. Ban jadi panas dan tekanan di dalam ban meningkat. Ketika pengereman, ruang dalam ban menye- mpit akibat pengereman. Tekanan itu dipindah pada bagian lain ban, sehingga menyebabkan benjol.
Mengatasinya, menurut Tri ada beberapa hal. Biasakan cek angin ban sesuai tekanan yang ditentukan. Kurangi pengereman depan mendadak dan usahakan ganti angin sebulan sekali atau sesudah melakukan perjalanan jauh.    (sumber)

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com