Rabu, 28 Maret 2012

Sokbreker Belakang Bocor Masih Bisa Diservis

clip_image001
Jika salah satu bocor bikin manuver jadi liar

Tanda tabung sokbreker belakang sudah bocor mungkin semua sudah pada tahu. Selain rembesan oli di as sok, redaman pun cuma mengandalkan kerja pegas. Capcay, deh!
Kondisi ini memaksa pemilik motor segera ganti suspensi baru. Seperti diketahui, harga part vital ini termasuk mahal baik aftermarket maupun racing.
“Sekadar antisipasi, sokbreker bocor masih bisa diperbaiki. Caranya menganti sil di dalam tabung sok sambil mengecek kondisi as dan isi ulang oli,” ujar Syaiful Azis, tukang servis sokbreker yang buka lapak di Jl. Batas Kreo, Ciledug-Tangerang.
Misalkan motor bebek double sok yang kena ongkos servis Rp 40 ribuan. Selama as sok masih mulus, sil di dalam tabung masih bisa ganti. Tapi, kalau sudah rusak, ya terpaksa sokbreker harus ganti baru. Tidak bisa tidak!
“Kalau as motor sport rusak masih bisa diperbaiki lantaran batang as lebih besar. Apalagi batang as dijual di pasaran seharga Rp 15 ribu per batang. Sedang as buat monosok sekitar 40 ribuan,” imbuh Azis yang mematok ongkos servis semua monosok sekitar Rp 80 ribu.
Azis mengklaim ketahan sok yang sudah diperbaiki bisa tahan hingga 1 tahun lebih atau setara sokbreker baru. Namun dia mewanti kalau semua kembali pada cara penggunaan dan trek yang dilalui.
Bukan hanya itu, sok yang diperbaiki bisa diatur kemampuanya sesuai keinginan konsumen. Caranya mengatur kekentalan oli dan peranti di dalam tabung juga kekerasan pegas. Dengan begitu, redaman kejut bukan cuma kembali normal tapi juga enak diajak manuver lagi.
Coba deh!  (sumber)

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com