Senin, 26 Maret 2012

Ada Cacat di Baterai, Laptop Apple Rentan Hacking dan Picu Ledakan!

f82f4449ebf9df48d2b3e2b84519a8b8

Model baru dari laptop keluaran Apple; MacBook, MacBook Air dan MacBook Pro memiliki cacat pada security yang memungkinkan hacker dari jarak jauh bisa memblokir  baterai dari charging. Lebih dari itu, para hacker dapat memanfaatkan cacat security itu untuk membuat baterai meledak!
Teknologi ‘smart battery’ yanga ada di laptop Apple model baru dimaksudkan untuk memberikan kontrol yang lebih dominan pada pemakain daya baterai. Sayangnya, hal itu juga memberikan kesempatan pada para hacker untuk turut serta mengontrol karena chip mikrokontroler yang dipasang pada laptop tersebut bisa diakses dari jarak jauh menggunakan password default yang di-share oleh setiap notebook.
Charlie Miller-lah, orang pertama yang menemukan cacat pada security di laptop buatan Apple itu. Miller adalah seorang ahli security system dan kini ia berencana untuk menunjukkan cacat yang ia maksud itu. Ia akan menunjukkannya pada publik pada bulan depan di sebuah security conference bernama Black Hat. Di sana, Miller akan menunjukkan bahwa ia mampu mengakses battery controller dari jarak jauh dan mampu memlokir charging yang dilakukan pada baterai. Atau, bahkan mampu menunjukkan bagaimana ia mengontrol dari jarak jauh sehingga baterai memanas dan terbakar lalu meledak.
“Baterai ini tentu saja tidak dirancang untuk memberikan kesempatan pada orang untuk merusaknya,” kata Miller pada Forbes pekan lalu. “Yang akan saya tunjukkan di sini adalah bahwa baterai tersebut membuka peluang bagi orang untuk menggunakannya dengan tujuan buruk.”
Yang menggembirakan, Miler tidak hanya akan menunjukan kemampuan hackinya tapi juga akan memberikan solusi untuk memperbaiki cacat itu. Diharapkan Apple akan menerapkan saran Miller itu secepatnya.

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com