Rabu, 14 Maret 2012

CONTOH BISNIS TANPA MODAL

Pernah dengar Starbucks? Pasti pernah, siapa yang tidak tau Starbucks. Ada yang tau siapa pemiliknya??? Berikut saya bagikan sebuah cerita yang saya dapat dari buku Financial Revolution.

Cerita perjalanan seorang yang bernama Howard Schultz, pemilik Starbucks jaringan kedai kopi. Tadinya yang bersangkutan adalah eksekutif papa atas. Waktu dia mendapat tugas ke Seattle, dan minum kopi di Starbucks, dia jual impiannya untuk membuka cabang di seluruh Amerika, bahkan di seluruh dunia. Setelah proses yang lama, pemiliknya setuju untuk mempekerjakan Howard dengan bayaran yang jauh lebih kecil dari gajinya sebagai eksekutif papan atas. Howard setuju dan pindah ke Seattle. Kemudian dia belajar semua jurus yang ada dan menganjurkan pemiliknya untuk membuka cabang.

Ketika pemiliknya agak segan untuk membuka banyak cabang, Howard menawarkan akan buka sendiri dan pemilik lama ikut jadi pemegang saham. Pemilik setuju dan jadi pemegang saham. Ketika waktu berlalu dan pemilik Starbucks tidak mau melanjutkan lagi usahanya, Starbucks ditawarkan kepada Howard dengan harga yang sangat tinggi. Howard setuju dan mencari modal dari sekian banyak kenalannya. Jadilah Starbucks miliknya, berkembang pesat jadi banyak, go public dan menyebar ke seluruh dunia.

Wahhh.. Bisnis tanpa modal sendiri. Modal orang lain, dari kenalan-kenalannya. Yah, pake istilah OPM (Opium kerennya) = Others People Money. Howard bermodalkan impiannya untuk membuka cabang Starbucks di seluruh dunia, dengan bermodalkan uang orang lain. So, siapa bilang bisnis butuh modal uang????

Ada banyak kisah sukses bisnis tanpa modal uang atau tanpa modal uang sendiri. Yang penting adalah kemauan dan niat. Saya sendiri punya bisnis tanpa modal uang yang besar, juga punya bisnis tanpa modal uang sama sekali, dan juga saya punya bisnis yang modal uang lumayan besar namun kepintaran/ide orang lain. Peluang ada banyak sekali di dunia ini. Asal kita mau melihat dan membuka pikiran. Yah, bukalah pikiran, daripada buka baju terus, ehehe..

Ada dunia kekurangan uang, ada juga dunia kelebihan uang. Dunia manakah yang anda lihat sekarang??? Kalau anda cuma melihat dunia kekurangan uang, maukah melihat dunia kelebihan uang?

Ada usaha dengan modal uang. Ada juga usaha tanpa modal uang. Dunia usaha manakah yang anda lihat sekarang??? Kalau anda cuma melihat dunia usaha yang bermodalkan uang yang besar, maukah melihat dunia usaha tanpa modal sama sekali atau bermodalkan kecil??

So, berbisnislah sebelum berbisnis itu dilarang, hahaha Tinggalkan budaya lama bawaan zaman penjajahan belanda dulu yang menyarankan jadilah PNS. Bayangkan, kita dijajah 350 thn oleh Belanda, yang memprogram otak masyarakat Indonesia ini agar menjadi pegawai saja.. Sedangkan mereka sendiri, orang-orang Belanda membuka usaha di Indonesia. So, setting ulang otak anda, ehh..salah, maksudnya saya karena saya yang mau berubah. Kalo anda, ya terserah anda.. mau setting ulang sekarang, atau setting ulang karena terpaksa keadaan ketika biaya-biaya kehidupan bertambah sedangkan gaji tidak nambah-nambah, atau tetap berkata saya tidak berbakat bisnis.

Bagi yang menyukai bisnis atau membangun bisnis, silahkan isi koment-koment anda di blog saya ini, biar alam semesta mendengarkannya dan mengabulkannya untuk anda..

Semoga kisah sukses Starbucks ini bermanfaat dan menjadi contoh bahwa bisnis itu tidak selalu dimulai dengan uang sendiri.

0 komentar:

Get Free Shots from Snap.com