Minggu, 12 Desember 2010

MEMPERBAIKI MP3 PLAYER YANG RUSAK

Ada dua jenis kerusakan pada alat elektronik yang menggunakan microchipset khususnya MP3 Player yaitu : yang pertama kerusakan pada software atau bahasa bulenya Firmware corrupted yang mengakibatkan menjadi tidak berfungsi dengan baik atau mati total. Dan yang kedua yaitu kerusakan pada microchipsetnya itu sendiri, misalnya saja karena terbakar atau terjadi korosi pada jalur PCB yang menimbulkan kerusakan permanen. Untuk kerusakan pada microchipset ini jarang sekali bisa diperbaiki, solusinya adalah dilem biru aja…. maksudnya beli saja yang baru.

Untuk kasus yang pertama, itu masih bisa diperbaiki yaitu dengan cara di Update Firmware nya. Mungkin untuk merk-merk yang terkenal biasanya terdapat CD master / driver termasuk software untuk Reflash nya, tetapi tidak semuanya ada. Adapun gejala-gejala yang ditimbulkannya antara lain flashing led, power led mati, MP3 player tidak bisa diakses, dan mati total tetapi masih terbaca di komputer.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah pertama kita harus mengetahui merk microchipset dan versi dari firmware nya itu sendiri untuk memudahkan pencarian softwarenya. Pengalaman saya untuk beberapa jenis MP3 player softwarenya dapat di download di www.cobyusa.com/support_en/  atau bisa juga ke alamat dari pabrik pembuatnya jika ada.

Tahapan yang harus dilakukan adalah :

*      Installkan software update firmware tersebut.
*      Sebelum di koneksikan dengan komputer buka batere terlebih dahulu selanjutnya pijit tombol Play / Stop pada Mp3 Player selama 5 detik, setelah itu masukan ke port usb dengan memijit tombol Play / Stop selama 10 detik untuk masuk ke mode recovery. Tahapan ini mungkin berbeda-beda, tapi biasanya ada panduan manualnya.
*      Buka aplikasi untuk update firmware yang telah di installkan tadi. Setelah itu aplikasi tersebut akan menginisialisasi.
*      Setelah proses inisialisasi selesai ada konfirmasi apakah proses selanjutnya akan dilakukan klik OK.
*      Tahap selanjutnya ada dua opsi yaitu memformat Area Data atau tidak dengan catatan jika memilih untuk memformat Area Data semua data anda akan hilang. Selanjutnya klik Start.
*      Jangan mencabut MP3 player ketika proses Update sedang dilakukan.
*      Akan ada konfirmasi bahwa Update telah selesai dan klik Close.
*      Selesai dan Usb MP3 Player sudah menyala kembali.

Setelah semua tahapan dapat dilalui dengan baik, selanjutnya kita coba format dengan FAT 32 terlebih dahulu, setelah itu Copy kan file MP3 dan cabut MP3 Player kita dari port Usb. Selanjutnya Masukan baterenya, apabila tampilan LCD nya menyala berarti proses tersebut telah berhasil dengan baik dan kita coba. Tetapi apabila LCD nya tidak menyala berarti versi dari firmware nya beda, tapi masih dapat digunakan sebagai penyimpan data saja.

Tahapan diatas dapat bekerja dengan baik pada MP3 Player biasa, saya belum mencoba dengan yang jenis MP4 ataupun iPOD. 

1 komentar:

gsn, ane punya mp3 player merk v-gen begitu dicolok ke laptop sama sekali ga kebaca.. itu knpa ya?

Get Free Shots from Snap.com